Senin, 24 Desember 2012

Setan Bikin Manusia jadi Miskin?

  

Setan itu seperti apa sih sebenarnya? Kayak apa bentuknya? Defenisi setan yang tepat apa ya? Pertanyaan ini sering kali muncul dalam benak kita. Dan mungkin banyak diantara kita belum tau benar setan itu apa dan seperti apa? Sebelumnya kita harus tahu, ada dua makhluk yang akan menjadi penghuni neraka dan penghuni surga, yaitu Jin dan manusia. 


Di dalam Al-Quran Al-Kariem, jin dinyatakan makhluk yang terbuat dari api. Allah SWT berfirman : وَالْجَآنَّ خَلَقْنَاهُ مِن قَبْلُ مِن نَّارِ السَّمُومِ Artinya : “Dan Dia menciptakan jin dari nyala api.” (QS. Ar Rahman : 15). Sedangkan Manusia sebagaimana kita ketahui terbentuk dari tanah. 

Lantas setan itu siapa donk? Dalam al-qur’an setan sering dinyatakan sebagai makhluk yang kafir dari jalan Allah SWT. Setan dijelaskan sebagai makhluk yang suka membangkang dan meninggalkan perintah Allah. Setan juga dijelaskan bisa berupa Jin dan Manusia. Dalam Al-qur’an disebutkan, “dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap Nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin.” (QS. Al An’am : 112). 

Dari sini kita dapat memastikan bahwa sebenarnya setan itu adalah manusia dan jin yang tidak mengikuti perintah Allah dan Rosul-Nya, bahkan memusuhi Nya.

Nah, selanjutnya kita mengupas judul di atas. Setan bikin manusia miskin? Kalau dilihat agak ambigu, karena sebelumnya kita sudah tau bahwa setan itu juga dari golongan manusia. Jadi maksudnya adalah manusia yang pemalas, mengajak temannya membuang-buang waktu yang tidak berguna untuk masa depan atau mengajak ke tempat-tempat maksiat yang membuat kita merugi. 

Kalau ada teman yang malas dan mengajak kita untuk malas dan tidak beribadah atau belajar ketika waktunya, maka teman kita itu setan. Betul gak? Maka jangan sekali-kali berteman dengan setan. Atau malah kita yang malas-malasan dan mengajak teman untuk bermaksiat dan meninggalkan ibadah, belajar dan kebaikan. Maka kita yang jadi setannya. Betul gak?


0 komentar:

Posting Komentar